Uncategorized

The End of My Teaching Practicum

Hello reader(s)! Apakabar? I hope all of you doing great yah!
So di postingan ku kali ini, as you can see from the title, aku mau cerita tentang akhir dari TP ku.

Jadi hampir 1 minggu yang lalu (kurang 1 hari), Jumat, 18 November 2016, Teaching Practicumku berakhir. FYI, aku ditempatkan di sebuah sekolah dasar swasta di daerah Semarang Barat. TP ini berlangsung selama 3 bulan, yang (aku) dimulai sejak 18 Agustus yang lalu. I thought that three months will be a very long time. Tapi, kemarin Jumat, rasanya itu cepet banget. Berasa barusan masuk, sekarang udah harus berpisah. Di satu sisi, kita merasa udah nggak kuat alias capet banget. But in other hand, kita udah terlanjur sayang sama anak-anak di kelas kita masing-masing. Jujur awalnya aku nggak suka sama anak kelasku, karena mereka rame banget. Well, what can you expect from second grader students yaโ€ฆ ๐Ÿ˜€

Tapi kemarin Jumat itu rasanya berat banget. Mendekati jam pelajaran terakhir (dimana waktu buat pamitan sama mereka) itu aku udah bercucuran air mata duluan. Awalnya adalah ketika aku ngasi kenang-kenangan buat salah satu murid kelas 3. Kebetulan aku ketemu dia waktu ikut eksul renang. Dua minggu terakhir, aku yang ngajarin dia. Waktu aku kasi kenang-kenangan yang cuma berupa bookmark, he said โ€œThank you miss.โ€ and I cannot hold my tears anymore. Itu dalam posisi waktu aku lagi sama temen aku di kelas 1. Selain itu ada anak kelas 1 yang deket banget sama aku dan temenku yang kebetulan ditempatkan di kelas itu. Dia lucu banget. Dan waktu itu, dia kasi aku dan temenku amplop warna coklat, kayak surat gitu. Setelah kemudian aku buka aku langsung banjir air mata. Isinya adalah fotonya dia dan adiknya (yang aku kenal juga) dan ucapan terimakasih yang ditulis sama dia. :’)

Terus, bel berbunyi, waktunya untuk masuk kelas (waktu itu istirahat ceritanya). Aku kembali ke kelas aku yang sebrangan sama kelas 1 tadi. Lihat anak-anak baris untuk terakhir kalinya itu bikin aku terharu lagi. Iโ€™ll miss this moment. Waktu masuk kelas, liat anak-anak yang rame abiss, dan sadar bahwa ini hari terakhir aku ketemu mereka itu something banget. Lalu, tibalah saat dimana aku pamitan sama anak-anak. Di depan mereka aku udah nggak bisa bilang apa-apa. Cuma air mata yang keluar. Jujur 3 bulan ini berat banget, tapi disatu sisi, karena merekalah aku bisa semangat.

Karena aku udah kesusahan ngomong, akhirnya guru kelasnya yang bantuin aku. Beliau ngomong sama anak-anak bahwa itu adalahย  hari terakhir aku disana. Well, namanya anak kelas 2 SD ya, mereka agak kaget aja. Yah singkat cerita begitulah saya berpamitan ke mereka. Waktu mereka mau pulang, mereka salami aku satu-satu beberapa ada yang meluk aku. OMG!

Moment itu unforgettable banget. Aku yang awalnya males-malesan. Aku yang nggak suka sama mereka yang super duper ribut, but now, I miss them so much. Tiba-tiba hari-hariku rasanya sepi banget, karena 3 bulan lalu, setiap hari di kelas itu rasanya sampe telinga sakit. Sekarang mendadak sunyi.

Aku bersyukur banget bisa ketemu sama mereka, ditempatkan di sekolah itu. Aku banyak belajar hal baru disana. I will never forget all of them!

Dan setelah pulang sekolah, kita ada fellowship bareng sama guru-guru kita dan kepseknya di sebuah tempat makan di Semarang. Dan kita dikasih ballpoint yang ada nama kita masing-masing and tumbler. Nah di tumbler itu ada quote yang berbeda-beda. This is mine!

img_20161124_131546

Ini quote jujur pas banget! Soalnya aku ini orang yang kurang PeDe alias minder. Dan aku yakin guru-guru ngerti juga. Mereka bilang emang itu quote pas banget! ^^,

Thank you for all of the teachers there! Meskipun 99.9% mereka nggak mungkin baca postingan ini, but thank you so much all! Thank you for the 3 months experiences that you gave to me! For the teachers who guide and help me, keep fighting! All of you are awesome!

Dan setelah ini… Saya disambut oleh proposal.. :’)

Sekian curcol dari aku..

Have a nice day!

God Bless ^^,

nb: Maaaf ga bisa kasi fotonya, soalnya I do not think it is a wise decision to post picture(s) with them. Because theyโ€™re still children. Well, thatโ€™s my opinionโ€ฆ ^^,

Leave your comment here and please Be Polite!

