Other(s)

HOT ISSUE??

Hi readers!

Seperti yang kalian tau masalah yang sedang terjadi dan rame dibicarakan oleh para netizen tentang ‘Kau yang berasal dari Bintang’. Sinetron ini menjadi topik hangat di dunia maya hari-hari ini. Bahkan di Korea sendiri hal ini juga ramai diperbincangkan banyak orang.

Hal ini sudah aku duga sejak melihat iklannya beberapa waktu lalu. Meskipun aku bukan pecinta drama Korea, aku bisa dibilang cukup tau tentang beberapa drama hits di Korea sana. Saat ngeliat judulnya di iklan “Kau yang berasal dari bintang” aku langsung ngeh! Karena drama “You Who Came From The Star” ini adalah drama yang terkenal di Korea.

source: allkpop
source: allkpop

Tapi, cukup kaget juga karena masalah ini bisa sampe segitu hebohnya. Salah satu faktor pastinya karena banyak juga pecinta drama Korea di Indonesia. Dan mereka juga nggak salah kalo sampe mereka nggak terima drama “You Who Came From The Star” diplagiat. Aku aja yang nggak nonton drama itu nggak terima kok… Apalagi buat para fans drama itu…

Coba kalian bandingkan drama asli dan drama versi Indonesia ini yang banyak dibilang sebagai versi komedi dari
YWCFTS… kenapa bisa dibilang versi komedi? Lihat aja! Dari efeknya udah ketauan kan… Indonesia belum mampu membuat efek yang baik. Kalo masalah artisnya aku sih no comment! Well. Bukan berarti aku suka sama artisnya tapi ya standart artis Korea dan Indonesia itu berbeda jauh.

Dan yang menjadi kekuatiran lain dari para pecinta drama Korea ini adalah jumlah episodenya! Coba bayangkan… Berapa banyak sinetron di Indonesia yang jumlah episodenya mencapai ratusan bahkan ribuan? Banyak bukan? Udah gitu dibuat ber-season-season pula! Itulah alas an saya malas menonton sinetron Indonesia. Udah gitu kadang judulnya nggak masuk sama ceritanya. Misalnya ‘Tukang Bubur Naik Haji’ kan tukang buburnya udah naik Haji-kan.. ya udah dong.. harusnya selesai… Setuju? Tapi pada kenyataannya sampai si tukang bubur itu meninggal ceritanya toh masih juga berlanjut…

Selain itu, sinetron di Indonesia itu tidak memiliki genre. Dalam sebuah sinetron jarang ada yang fokus pada satu genre. Misalnya mystery, romance, dll. Satu sinetron biasanya genrenya ga jelas dan campur aduk!

Coba bandingkan dengan katakanlah Jepang! Drama Jepang biasanya terdiri hanya dari 10-13 episode (hanya beberapa yang memakai sistem ‘season’). Selain itu genre mereka juga jelas! Mystery, Romance, Comedy, dll. Cerita dalam Dorama itu tidak akan keluar dari genrenya! Selain itu, Dorama di Jepang banyak yang ditayangkan hanya 1 minggu sekali. TIDAK SETIAP HARI!

Kalo dibilang sang pembuat sinetron kehabisan ide… itu TIDAK MASUK AKAL! Lihatlah… Jepang dan Korea bahkan mungkin Negara-negara lain mampu menciptakan ide-ide baru! Bayangkan… Jepang yang 1 judul Dorama hanya ada 10-13 episode.. Berapa Dorama yang bisa mereka keluarkan dalam 1 tahun? Toh mereka juga tidak kehabisan ide kan? Mungkin ada beberapa cerita yang mungkin hamper sama dengan cerita lainnya. Itu tidak bisa dihindari! Tapi TIDAK ADA YANG SAMA PERSIS!. Kalau Negara-negara lain saja bisa… kenapa Indonesia tidak?

Khususnya untuk yang terlibat dalam masalah ini! Saya nggak pernah menyalahkan orang Indonesia! Hanya yang terlibat dalam masalah ini…

BANGGA-KAH KALIAN MENJIPLAK IDE ORANG LAIN?

LAGU? FILM? SINETRON/DRAMA? BOYBAND? GIRLBAND? ACARA TV?

Kalo kalian belum mampu.. nggak usah memaksa! Memang level kita masih jauh di bawah Negara Jepang ataupun Korea dalam hal musik, boyband, girlband, drama, dll. Oleh karena itu, jangan membuat bangsa ini lebih direndahkan lagi gara-gara bisanya njiplak karya orang lain!

KALAU ANDA BILANG SAYA BUKAN ORANG INDONESIA YANG BAIK… SILAHKAN!!

Yang pasti saya sangat malu dengan adanya masalah ini…. Ini bukan yang pertama kalinya.. Apalagi kalau kalian Kpop-ers… Mungkin ada lebih banyak hal lagi yang nggak diketahui oleh masyarakat biasa…

Harapan terkahir saya… Semoga SBS tidak memberikan lisensi untuk sinetron ini…

Thank you.. Have a nice day…

Advertisements

Leave your comment here and please Be Polite!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s